(031) 8415492 info@sman16sby.com

Pemilihan OSIS SMAN 16 Surabaya berlangsung di sela jam pelajaran sekolah. Secara bergantian siswa memasuki tempat pemungutan suara yang berada di lapangan sekolah. Layaknya pemilihan umum (Pemilu), mereka mengantre menyerahkan undangan yang mereka terima dari Kelompok Penyelenggara Pungutan Suara (KPPS).

Dari undangan tersebut mereka mengantre panggilan untuk mengambil surat suara. Surat suara ini berisi foto 3 kandidat calon ketua OSIS dengan masing-masing 2 calon yang mendampingi. Usai menerima surat suara, mereka menuju bilik pemilihan dan memasukkan kertas suara ke kotak suara yang di jaga petugas. Untuk memastikan tidak memilih lebih dari sekali, para siswa ini distempel tangannya oleh KPPS. Abdul Razzaq Thahir, wakil kepala humas SMAN 16 Surabaya menjelaskan pemilihan Osis atau Pemilos ini diikuti 1.200 siswa.

Mulai dari kelas X hingga kelas XII menggunakan hak suaranya secara bergantian di sela jam pelajaran. “Mereka ikut pelajaran seperti biasa. Kalau sudah giliran kelasnya memilih,pihak panitia akan meminta izin guru di kelasnya untuk diberikan waktu ke tempat pemilihan,”ungkapnya di sela pemilihan OSIS, Kamis (7/9/2017).